MATERI 1 : DESIGNING AUTHENTIC ASSESSMENT IN CHEMISTRY EDUCATION
Penilaian otentik adalah melaksanakan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai macam cara yang berhubungan dengan tugas guru yakni menilai sejauhmana keberhasilan pembelajaran. "Newman dan Wehlage dalam Peter Rennert-Ariev dan Loyola College mengatakan, bahwa “who claim that assesments help studens create discourse, products, and performance, that have value or meaning beyond success in school”.Penilaian otentik dapat membantu peserta didik membuat wacana, produk, dan pertunjukan yang memiliki nilai atau makna melampui kesuksesan di sekolah.
Ruang Lingkup Penilaian Otentik
Permendikbud Nomor 53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bahwa ruang lingkup dalam penilaian otentik mencakup kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
Teknik dan Instrumen Penilaian Otentik
Teknik dan instrumen penilaian otentik untuk menilai kemajuan belajar siswa yang meliputi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
a. Penilaian Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial
Berdasarkan Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, bahwa ada beberapa cara yang yang dapat digunakan untuk menilai sikap spiritual dan sikap sosial siswa, yaitu observasi, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Instrumen yang digunakan dalam observasi adalah lembar observasi atau jurnal. Hasil observasi dicatat dalam jurnal yang dibuat selama satu semester oleh guru kimia, guru BK, dan wali kelas Instrumen yang digunakan untuk penilaian diri berupa lembar penilaian diri yang dirumuskan secara sederhana, namun jelas dan tidak bermakna ganda, dengan bahasa lugas yang dapat dipahami peserta didik, dan menggunakan format sederhana yang mudah diisi peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk penilaian antar teman berupa lembar penilaian antar teman menggunakan daftar cek.
b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Berbagai teknik penilaian pengetahuan dapat digunakan sesuai karakteristik masing-masing KD. Teknik yang biasa digunakan adalah tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Instrumen tes tertulis dapat berupa soal pilihan ganda, isian, jawaban singkat, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen tes lisan dapat berupa kuis dan tanya jawab. Instrumen penugasan dapat berupa pekerjaan rumah dan/ atau proyek yang dikerjakan secara individu atau klompok sesuai dengan karakteristik tugas.
c. Penilaian Kompetensi Keterampilan
Penilaian keterampilan dapat dilakukan dengan berbagai teknik antara lain penilaian praktik/kinerja, proyek, dan portofolio. Instrumen yang digunakan berupa skala penilaian (rating scale) yang dilengkapi rubrik. Penilaian unjuk kerja/kinerja/praktik dilakukan dengan cara mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu, seperti: praktikum kimia di laboratorium dan presentasi. Penilaian proyek (project based assessment) merupakan kegiatan penilaian terhadap tugas yang harus diselesaikan oleh peserta didik menurut periode/waktu tertentu. Penyelesaian tugas dimaksud berupa investigasi yang dilakukan oleh peserta didik, mulai dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan, analisis, dan penyajian data. Dengan demikian, penilaian proyek dapat mengukur pemahaman, mengaplikasikan, penyelidikan, dan lain-lain.
DESAIN PENILAIAN
OTENTIK
Kelas : X MIA
Materi : Ikatan Kimia
Tes pilihan ganda
Indikator
:
1. Menjelaskan kecendrungan suatu untuk membentuk
ikatan untuk mencapai kestabilan serta Menggambarkan struktur lewis
2. Menjelaskan pembentukan ikatan ion
3. Menjelaskan pembentukan ikatan kovalen
4. Menjelaskan pembentukan kovalen koordinasi
5. Menjelaskan pembentukan ikatan logam
6. Mendeskripsikan ikatan antar molekul
7. Menggambarkan interaksi dalam partikel
8. Membedakan kepolaran suatu senyawa
9. Menggambarkan bentuk molekul suatu senyawa
Penilaian Pembelajaran
- Kognitif
Contoh
Penilain Proses
|
Penilaian Hasil
|
Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran: ketekunan, kerja sama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.
|
Tes Pilihan Ganda :
1. Di antara kelompok senyawa berikut ini yang semuanya mempunyai ikatan kovalen adalah….
A. KCl, NaCl dan HCl
B. NH3,CaO dan MgO
C. HCl, SO2 dan NH3
D. KBr, NaCl, CaBr2
E. H2O, Na2O, CO
2. Di antara senyawa berikut, senyawa yang mempunyai ikatan rangkap dua adalah ….
A. N2
B. HCl
C. CH4
D. O2
E. NH3
Tes Uraian :
1. Tuliskan proses terjadinya ikatan dengan notasi Lewis!
a. Na dengan F d. Al dengan O
b. K dengan S e. Mgdengan S
c. Ca dengan Cl
|
- Psikomotor
Penilain Proses
|
Penilaian Hasil
|
Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.
|
Gambarkan proses pembentukan ikatan ion, kovalen dan kovalen koordinasi dari unsur berikut ini:
1. Na dengan Cl
2. H dengan Cl
3. H dengan S dan O
|
a. PENILAIAN RANAH KOGNITIF
Skor penilaian yang diberikan kepada siswa dari hasil
penilaian hasil
Sangat tepat
(ST) =
4
Tepat (T) =
3
Kurang tepat
(KT) = 2
Tidak tepat
(TT) =
1
No soal
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
ST
|
T
|
KT
|
TT
|
1
|
Peserta didik dapat mengelompokkan ikatan
kovalen
|
||||
2
|
Peserta didik dapat menentukan ikatan rangkap
dua
|
||||
3
|
Peserta didik dapat menentukan struktur lewis
|
b. PENILAIAN RANAH AFEKTIF
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Total skor
|
||||||
Kerja sama
|
Bertanggung
jawab
|
disiplin
|
santun
|
proaktif
|
responsif
|
komunikatif
|
|||
1
|
esa
|
||||||||
2
|
witri
|
||||||||
3
|
Dst...
|
Dengan ketentuan : 1 = kurang 2 = cukup 3 =
baik 4 = sangat baik. Penilaian dinilai menggunakan skala
likert 1-4
Skor penilaian ketrampilan yang diberikan kepada
siswa dari hasil penilaian hasil
Sangat tepat (ST) =
4
Tepat
(T) =
3
Kurang tepat
(KT) = 2
Tidak tepat
(TT) =
1
No soal
|
Aspek-aspek yang dinilai
|
ST
|
T
|
KT
|
TT
|
1
|
Peserta didik dapat menggambarkan proses
pembentukan ikatan ion
|
||||
2
|
Peserta didik dapat menggambarkan proses
pembentukan ikatan kovalen
|
||||
3
|
Peserta didik dapat menggambarkan proses
pembentukan ikatan kovalen koordinasi
|
Sumber :
https://bukuanakcerdas.org/2016/02/19/apa-itu-kognitif-afektif-dan-psikomotorik/https://u-blog91.blogspot.com/2016/11/contoh-format-perancangan-penilaian.html
https://www.slideshare.net/abydien_zaif/penilaian-otentik-k13-1
Permasalahan:
Bagaimana bentuk penilaian yang saya buat? Apakah mudah untuk dipahami?Apakah cocok penilaian yang saya buat untuk materi ikatan kimia? Berikan saran anda!
menurut saya untuk detail penilaian belum terlihat. mungkin bisa dispesifikkan lagi indikator ketercapaiannya sehingga jelas di pertemuan tersebut apa yang ingin dicapai
BalasHapusmenurut saya secara keseluruhan masih kurang cocok penilaian otentik dari materi ikatan yang telah esa buat.
BalasHapusyang pertama pada penilaian ranah kognitif dengan tes pilihan ganda, karena seharusnya kita bisa menggunakan tes tertulis essay (dengan memperhatikan tahapan atau prosesn penggambaran ikatan kimia tersebut) atau tes lisan dengan menggambarkan sambil menjelaskan dari apa yang dituliskannya.
kemudian untuk ranah afektif disini ada penilaian bekerjasama, saya tidak tahu apakah anda melakukan diskusi kelompok atau tidak, jika iya di proses yang mana? karena tidak tergambar dengan jelas, yang saya pahami pada tahap psikomotor siswa hanya dituntut menggambarkan saja, bukan membuat gambaran bersama. sehingga saya rasa jika tidak ada kelompok diskusi maka tidak perlu ada penilaian kerjasama.
dan di tahap psikomotor sendiri malah anda bahas penilaian sikap?
Catatan terhadap peserta didik pada kegiatan dijadikan penilaian sikap selama mengikuti pembelajaran dan mengerjakan tugas (bendel portofolio): ketekunan, kerjasama, semangat, ketelitian, kerapihan, kebersihan, keseriusan.
Saya sependapat dengan kak melda, dalam membuat suatu penilaian, penilaian yg otentik, tentu kita membuat istrumen sesuai dengan kebutuhan, sesuai dengan rencana yg telah dibuat, proses penilaianpun di lakukan dengan sedemikian rupa sehingga mampu menggambarkan bagaimana suatu proses maupun hasil pembelajaran yg telah dilakukan.
HapusSaya setuju dengan kak melda karena seharusnya penilaian autentik juga diperhatikan silabus nya, di dalam silabus ikatan kimia terdapat bahwa aspek pengetahuan terdapat tes uraian berupa uraian bukan pilihan berganda. Jadi dalam mengembangkan penialain autentik seharusnya dilihat dari silabus, KD, KI nya
BalasHapusSaya setuju juga dengan kk fanny bahwa penilaian otentik ini harus kembali lagi kepada silabus yg di pkai atau rpp yg digunakan. Sehingga guru bisa nampak dan tau apa yg harus dia rancang dan dia nilai.
Hapussependapat juga dengan kak fanny, pemilihan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran kimia harus sesuai dengan KI, KD, Indikator, Tujuan pembelajrannya dan karakteristik materi yang diajarkan akan mempengaruhi pemilihan teknik penilaian. termasuk dengan yang kak esa buat.
Hapusbenar yang disampaikan oleh fanny dan rini bahwa pemilihan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran kimia harus sesuai dengan KI, KD, Indikator, Tujuan pembelajrannya dan karakteristik materi yang diajarkan akan mempengaruhi pemilihan teknik penilaian
Hapusapabila semua sudah sesuai maka tagihan yang diperoleh bisa dikatakan sebagai hasil dari sebuah penilaian otentik
Saya sependapat dengan teman2 di atas dimana penilaian autentik juga diperhatikan silabus nya, di dalam silabus ikatan kimia terdapat bahwa aspek pengetahuan terdapat tes uraian berupa uraian bukan pilihan berganda.
HapusMateri ikatan kimia byk yg bersifat abstrak dan jika hanya menggunakan pilihan ganda maka tidak menggambarkan penilaian otentik nya.
menurut saya lembar penilaian yang esa buat kurang dapat menggambarkan indikator dari yang esa buat, dan juga pemilihan penilaian kognitif saya rasa alangkah baiknya jika esa mengguanakan tes essay sebagai bahan evaluasi belajar dan juga agar menambahkan tugas kelompok esa bisa membuat lkpd dimana didalamnya mereka membuat bentuk molekul dari barang-barang yang mudah didapatkan
BalasHapussependapat juga dengan kak tri, menurut saya penilaiaan akan lebih baik bila mengguanakan tes essay sebagai bahan evaluasi belajar dan juga agar menambahkan tugas kelompok bisa membuat lkpd dimana didalamnya mereka membuat bentuk molekul selanjutnya dalam pemilihan teknik penilaian yang digunakan dalam pembelajaran kimia harus sesuai dengan KI, KD, Indikator, Tujuan pembelajrannya dan karakteristik materi yang diajarkan akan mempengaruhi pemilihan teknik penilaian.
Hapusmenurut saya lembar penilaian yag esa buat sudah cukup baik, namun perlu dilakukan perbaikan dari segi penyesuaian indikator dengan aspek yang dinilai, cara menilai/jenis penilaian yang akan digunakan sehingga apa yang dinilai sesuai dengan alat menilainya (reliabel/valid)
BalasHapusdalam menyusun lembar penilaian hendaklah diturunkan dari Kompetensi inti dan kompotensi dasar kemudian perhatikan indikator serta tujuan yang ingin dicapai. sehingga instrumen yang kita buat bisa mengukur apa yang kita inginkan.
BalasHapus