SEMANTIC NETWORK PADA PEMBELAJARAN KIMIA (Senyawa Kovalen Polar dan Nonpolar)
Jaringan semantik merupakan model memori manusia yang dibangun oleh M. R. Quillian sebagai representasi grafis dari informasi proposisional. Informasi proposisional adalah pernyataan yang dapat bernilai benar atau salah. Jaringan semantik ini disajikan dalam bentuk graf berarah.
Semantik (dari Bahasa Yunani: semantikos, memberikan tanda, penting, dari kata sema, tanda) adalah cabang linguistik yang mempelajari arti/makna yang terkandung pada suatu bahasa, kode, atau jenis representasi lain. Dengan kata lain, Semantik adalah pembelajaran tentang makna. Semantik biasanya dikaitkan dengan dua aspek lain: sintaksis, pembentukan simbol kompleks dari simbol yang lebih sederhana, serta pragmatika, penggunaan praktis simbol oleh komunitas pada konteks tertentu.
Kata semantik itu sendiri menunjukkan berbagai ide - dari populer yang sangat teknis. Hal ini sering digunakan dalam bahasa sehari-hari untuk menandakan suatu masalah pemahaman yang datang ke pemilihan kata atau konotasi. Masalah pemahaman ini telah menjadi subyek dari banyak pertanyaan formal, selama jangka waktu yang panjang, terutama dalam bidang semantik formal. Dalam linguistik, itu adalah studi tentang interpretasi tanda-tanda atau simbol yang digunakan dalam agen atau masyarakat dalam keadaan tertentu dan konteks. Dalam pandangan ini, suara, ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan proxemics memiliki semantik konten (bermakna), dan masing-masing terdiri dari beberapa cabang studi. Dalam bahasa tertulis, hal-hal seperti struktur ayat dan tanda baca menanggung konten semantik, bentuk lain dari bahasa menanggung konten semantik lainnya.
Sematic Network Pada Pembelajaran Kimia (Senyawa Kovalen Polar dan Nonpolar)
Informasi proposisional yang membentuk
jaringan semantik di atas adalah :
1. pada senyawa kovalen polar terdapat gaya elektrostatik
2. pada senyawa kovalen nonpolar terjadi gaya Van Der Wals
3. dibuat kelompok diskusi
4. kelompok diskusi mencari bahan pengetahuan untuk menemukan perbedaan antara senyawa polar dan nonpolar melalui virtual lab, internet, dan vidio
5. dilakukan persentase kelompok
permasalahan:
Menurut anda apakah Sematic Network Pada Pembelajaran Kimia yang saya buat sudah baik? apakah efektif sebagai sebuah pemikiran proses pembelajaran? dan kira-kira apa kekurangan dari Sematic Network Pada Pembelajaran Kimia ini yang perlu ditambah?
Menurut pendapat saya Sematic Network Pada Pembelajaran Kimia yang esa buat cukup baik dan cukup efektif sebagai sebuah pemikiran proses pembelajaran namun kekurangannya adalah tidak ada waktu siswa untuk relax karena yang saya lihat desain yang esa buat dari awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran siswa diharuskan untuk belajar terus apalagi materi ini berkaitan dengan senyawa kovalen polar dan nonpolar, otomatis siswa cenderung bosan maka dari itu dibutuhkan game atau musik yang berkaitan dengan senyawa kovalen polar dan nonpolar.
BalasHapusterimakasih fero sarannya, karena saran dari fero bisa saya gunakan dalam virtual lab agar siswa tidak bosan.
Hapusmenurut saya semantik network yang esa buat sudah cukup baik dan sudah bisa diaplikasikan bahkan untuk pembelajaran pada saat ini, namun sedikit saran, akan lebih baik lagi jika AI yang digunakan merupakan AI yang baru dan benar-benar sedang hype dikalangan siswa sehingga siswa lebih tertarik lagi dalam mempelajari maternya
BalasHapusSaya sependapat dengan kk rini. Bahwa disini akan lebih baiknya jika di terapkan teknologi AI contohnya bisa dengan menciptakam pembelajaran dgn hologram. Atau dengan game sehingga pembelajaran lebih dekat dan akrab dengan siswa
Hapussaya setuju dengan pendapat kk rini dan dian, tp saran saya harus ada inovasi untuk kedepanya melihat dari tuntutan zaman yang selalu berkembang
HapusApakah untuk dapat menyampaikan informasi harus begitu? bagaimana jika tidak tersedianya alat yang anda maksud?
Hapusmenurut saya sudah cukup baik, tetapi terlalu sederhana. mungkin bisa ditambahkan dengan teknologi yang lain
BalasHapussaya sependapat dengan kak rina menurut saya semantik network yang dibuat sudah cukup baik, namun akan lebih baik dika ditambahkan dengan teknologi lain yang terbaru dan saat ini memang sedang dikembangkan seperti kacamata AR (Augmented Reality) sehingga hal tersebut memberikan pengalaman pemeblajran yang baru bagi siswa dan pembelajaran pun menajdi lebih bermakna.
Hapussaya setuju dengan kak rina dan kak fira bahwa disini akan lebih baiknya jika di terapkan teknologi AI contohnya bisa dengan menciptakam pembelajaran dgn hologram. Atau dengan game sehingga pembelajaran lebih dekat dan akrab dengan siswa
HapusMenurut saya perlu ditambahkan evaluasi dan proses game atau apapun yang menggambarkan interaksi pada proses pembelajaran tersebut
BalasHapussaya sependapat dengan kak Melda, dimana tahap evaluasi itu salah satu tahap yang sangat penting, selain itu tambahkan juga bagian dimana siswa dapat tanya jawab tentang hal yg ia pelajari, dengan demikian banyak asspek nantinya yg dapat dinilai salah satunya keterampian berpikir kritis.
HapusMenurut saya semantic yang anda buat sebaiknya langsung diintegrasikan antara AI dan materinya agar terlihat tujuan apa yang diinginkan karena semantic network dibuat untuk mempermudah pemahaman siswa bukan membingungkan
BalasHapussetuju dengan yang disampaikan oleh fani agar semantic yang anda buat sebaiknya langsung diintegrasikan antara AI dan materinya agar jelas terlihat tujuan apa yang ingin dicapai karena semantic network dibuat untuk mempermudah pemahaman siswa bukan malah sebaliknya
BalasHapusbenar apa yang disampakan kak nelly, terintegrasi dengan artificial intelegenci akan membuat semantic yang dibuat lebih menari. selain itu lebih didetailkan lagi pada setiap bagiannya.
Hapusmenurut saya semantik network yang esa buat sudah cukup baik dan sudah bisa diaplikasikan bahkan untuk pembelajaran pada saat ini.
BalasHapusSarannya materi langsung di masukkan dalam semantic network yg esa buat agar lebih paham lagi.